Skip to main content

Contoh Tari Berpasangan dan Tunggal

Selamat pagi teman-teman se-Nusantara bagi yang masih penasara dan mencari kriteria tentang Contoh Tari Tunggal dan tari Berpasangan, kali ini admin ini memberikan informasi mengenai hal tersebut, lihatlah dengan seksama mengenai contoh-contohnya, Selamat ber interprestasi dalam mencari gerak dalam sebuah tari.

Contoh Tari Berpasangan

contoh tari berpasangan dari indonesia
Tari berpasangan adalah tari yang ditampilkan secara berpasang-pasangan,arian inidapat lawan jenis atau sama jenis. dalam koreonya saling berinteraksi antar pasangan seperti halnya ada tanya dan ada yang jawab ataupun saling melengkapi.

Tema tari berpasangan bermacam-macam bergantung pada moment dalam acara tersebut seperti Tema percintaan, kepahlawanan dan tentunya lebih mengedepankan penonton yang melihat agar sedikit terhibur.

Rias busananya berbeda-beda disesuaikan dengan tema dan juga karakter yang di perankan.Tari kelompok biasannya mempunyai kerakter ekspresi, gerak dan rias yang seragam.

Dalam tarian berpasangan dituntut kompak dan seragam baik dalam gerak ataupun kostumnya.

Contoh tari berpasangan di indonesia :
  • tari bedhaya
  • tari jsathilan
  • tari serimpi
  • tari remo
  • tari gandrung

Contoh Tari Tunggal

contoh tari berpasangan dan tunggal nusantara
Tari Tunggal adalah tarian yang dibawakan atau dimainkan oleh satu penari, Tarian ini biasanya menggambarkan watak seseorang tokoh ataupun seekor binatang. Tari tunggal (solo) biasanya sang penari memiliki keleluasaan bergerak dan berekspresi,karena ia tidak harus tergantung atau berhubungan dengan dengan penari yang lain atau teman penari satu panggungnya. Penari harus mampu mengelola bentuk gerak dan iramanya berdasarkan kepekaan sehingga ia lebih leluasa menginterpretasikan atau melahirkan gerak improfisasi. Hal tersebut dapat dilihat dalam mengatur dan menentukan ruang gerak (maju, mundur, berputar-putar, meloncat, dsb),mengatur waktu (kuat-lemah) dan mengungkapkan ekspresi (memaknai gerak, tema dan isi),semua tergantung pada kemampuan dirinya sendiri.

Contoh tari tunggal nusantara :


  • Tari Gandrung dari Batuwangi
  • Tari Taledhek dari Jawa timur
  • Tari Gambyong, Cokek, Srimpi, Bondhan, Golek Manis, Golek Kanya dari Jawa tengah
  • Tari Batek baris dari Sumbawa
  • Tari Kancet Ledo dari Kalimantan (Dayak Kenyah)
  • Tari Leleng, Hudoq dari Kalimantan
  • Tari Persembahan, Dewa Memanah dari Kutai Kertanegara
  • Tari Merak, Pendet dari Sunda dan Bali
Demikian artikel mengenai contoh tari tunggal dan berpasangan, selamat membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba