Wednesday, November 19, 2014

6 Contoh Masalah Sosial Yang sering Muncul

Sebelum melangkah mengenai Contoh Masalah Sosial terlebih mengetahui apakah Masalah sosial itu sendiri ..? Masalah sosial adalah suatu masalah yang sedang, akan terjadi dilingkungan masyarakat. maslah ini dapat terpecahkan apabila timbul kesadaran masyarakat itu sendir, pemerintah hanya membantu dan memprasaranani apa yang diperlukan oleh masyarakat, karena kemajuan dan mundurnya suatu daerah dipengaruhi hampir 70% oleh masyarakat sendiri dan sisanya hanya 30% camput tangan pemerintah.

Dibawah ini merupakan Contoh Masalah sosial, yang ada di Indonesia diantaranya:


contoh masalah sosial dan pemecahannya
Ilustrasi masalah sosial


1. Tindakan kejahatan
Tingkat kejahatan di Indonesia naik pesat hal iini disebabkan oleh angka pengangguran yang besar dan tingkat kemiskinan yang tinggi, andai saja pemerintah lebih memperbanyak lapangan pekerjaan baik yang menuntut pendidikan formal maupun non formal pastinya tingkat kemiskinan dan pengangguran dapat berkurang dan pastinya peningkatan segi kemanan lebih memadai.

2. Tingkat pertumbuhan penduduk Tinggi
Salah satu penyebabnya yaitu angka kelahiran lebih tinggi dibandingkan dengan angka kematian.yang lebih parahnya lagi yaitu pernikahan dibawah umur. untuk penangulangannya yaitu diterapkannya keluarga berencana,

3. Masalah sampah
Masalah sampah bisa ditemukan disemua daerah baik di Ibu kota maupun dipelosok desa, hal ini disebabkan karena tingkat kesadaran individu mengenai kesadaran tentang membuang sampah, hal yang paing utama dan terutama yaitu tumbuhkanlah niat dan kesadaran mengenai buang sampah pada tempatnya.

4. pencemaran lingkungan
Dalam pencemaran hal ini disebakan baik dari hasil rumah tangga, asap pabrik, asap kendaraan dan lain sebagainya, untuk meminimalisir pencemaran tersebut dengan membuat taman kota dipinggir-pinggir jalan raya agar mmeberi udara yang segar dan tidak terlalu berasap banyak.


5. Kualitas penduduk rendah
Hal ini dipengaruhi tingkat pendidikan karena tingkat tersebut dapat mempengaruhi tingkat keahlian maupun keahlian dalam akademiknya. memang hal ini juga dipengaruhi tingkat kemiskina dinegara tercinta ini sehingga pemerintah menganjurkan untuk wajib beajar 12 tahun akan tetapi masyarakat tidak melaksanakannya, salah satu penanggulangannya yaitu membuka layanan pendidikan gratis


6.Seks Bebas
Penyebab dari masalah sosial ini yaitu dipengaruhi karena kemajuan suatu zaman, ada yang mengataan semakin zaman berkembang semakin banyak tingkat kejahatan salah satunya yaitu seks bebas, dibawah umur sudah mengerti bahkan sudah melakukan hubungan layaknya seorang suami istri, untuk penanggulangannya yaitu dengan tingkat pengawasa dari orang tua ke anak, meningkat ibadah dan tingkat keimanan anak.

Demikian uraian mengenai contoh masalah sosial yang sering ditemui dikalangan masyarakat indonesia sekarang ini, selamat membaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Contoh Masalah Sosial Yang sering Muncul

0 comments:

Post a Comment