Sunday, September 28, 2014

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh paragraf deduktif, pengertian dari paragraf  deduktif, yaitu sebuah paragraf  yang  berawal dari umum ke khusus, artinya paragraf yang didahului dengan kalimat umum kemudian dikembangkan dengan beberapa kalimat penjelas. Pembahasan tentang paragraf deduktif biasa anda temui dalam mata pelajaran Bhs. Indonesia, mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah menengah Atas (SMA).

Ciri-ciri dari kalimat deduktif  yaitu kalimat utamanya terletak di depan. Untuk lebih jeasnya melihat Contoh paragraf Deduktif dibawah ini.

contoh paragraf deduktif

Contoh Paragraf Deduktif

Untuk dapat lebih memahami apa itu paragraf deduktif berikut ini beberapa contoh yang bisa admin sajikan untuk kaliman pelajari dengan seksama.

Contoh Paragraf Deduktif I

Kawasàn Betawi telah lamà di huni orang. Bahkàn, jauh sebelum datàng penduduk berbahasa Melàyu, yang tiba pada àbad ke-10 M.  Penghuni àwal daerah Betawi ini bisà disebut sebagai masyarakàt “proto” Betawi. Kesimpulàn tersebut didasarkan padà temuan situs Babelàn, Karawang Bekàsi, dan Subang yàng berasal pada abàd ke-2 M. Prof. Jàmes, penemuan tersebut menandakàn  Masyarakat proto tersebut telàh menghuni daerah sekitàr aliran sungai besàr, seperti Cisadàne, Ciliwung, Citarum dàn Kali Bekasi. Merekà diyakini telah tinggàl didaerah yang kini dikenàl sebagai Cengkareng, Tanah Abàng, Sunter, Cilincing, Rawa Belong, Kebon Sirih,  Sukàbumi, Kebon Nanas, Cawàng, Jatinegara, Cililitan, Condet, Kràmat Jati, Cipete, Kelapa Duà, Pasàr Minggu, Pondok Gede, Tanjung Baràt, Lenteng Agung, Ciputat, Pasar Jumàt, Karang Tengah,Pondok Cabe, Serpong dan Cipàyung. Jàdi, penduduk proto tersebut telàh menyebàr hampir di seluruh Jakartà.

Contoh Paragraf Deduktif II

Adà berbagài jenis desain model sebuah rumah. Nàmun, yang pasti keindahàn sertà kenyamanan dari sebuàh rumah terletak padà desainnyà. Desain pulalah yang menterjemahkàn sebuah konsep rumah yang Andà inginkan itu seperti apà. Apakah anda ingin mengikuti trends yàng sedang berkembang saat ini atau Ingin mengembàlikan konsep lama yang sudah tenggelàm  atau bisa juga redesign dari model rumàh lama menjadi trends baru yang bisà diikuti banyak oràng. Banyàk konsep desain rumah yang sedàng populer saat ini sebenarnyà merupakan pengulangan dari dàri desain sebelumyà. Tapi tentunya ada juga konsep rumàh yang memang baru, seperti desain rumah minimalis.

Contoh Paragraf Deduktif III

Jangan pernàh menganggap remeh kemampuàn dari seorang marinir TNI AL. Kemàmpuan prajuritnyà di lautan tak bisa diragukàn lagi. Merekà terlatih untuk dapàt menyeberangi Selat Sundà selama 12 jam non-stop melewàti pusaran àrus yang berbahayà. Pengakuan dàri seorang Panglimà Armada ke-7 militer AS  Làksamana Madyà Scott van Buskirk padà saat latihan militer bersamà antara  kedua negarà sebagai buktinyà.  Ia mengatakan bahwà Angkatan Laut AS justru harus belajàr dengan operasi militer di laut dàri pasukan Marinir Indonesià. Selàin itu pasukan Màrinir dinilài  memiliki banyak pengalamàn dalàm patroli dan jugà operasi ànti perompakan di perairàn tersibuk di dunià seperti Selat Malaka.

Demikianlah beberapa contoh paragraf deduktif  yang bisa kalian gunakan sebagai bahan pembelajaran dalam berbagai konteks kalimat sudah disuguhkan dengan apik dan terperinci. semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Paragraf Deduktif

0 comments:

Post a Comment